RSS

Appetizer – Giant Stingray

12 Mei

Lebih dari setahun yang lalu, pada akhir bulan Januari 2009, sekelompok peneliti yang tergabung dalam “Megafishes Project” – sebuah proyek untuk mendokumentasikan sekitar 20 spesies ikan air tawar raksasa – mempublikasikan penangkapan sekaligus pelepasan kembali seekor ikan yang hampir dipastikan adalah pari raksasa air tawar terbesar yang pernah ditemukan.

Ahli biologi Universitas Nevada yang ikut dalam proyek itu, Zeb Hogan, memperkirakan pari raksasa itu mempunyai berat kira-kira 250 – 450 kg dengan panjang sekitar 2 meter. Ekor dari pari ini putus. Jika ekornya masih ada, mungkin panjangnya mencapai 5 meter.

Penemuan ikan itu di wilayah Thailand memberikan harapan, mungkin saja pari raksasa berjumlah lebih banyak dari yang diperkirakan. Dan penemuan itu mungkin juga mengukuhkan pari raksasa sebagai juara kelas berat dari Megafishes Project.

Kita belum tahu berapa berat pastinya, tapi yang jelas pari raksasa punya kans besar untuk menjadi ikan air tawar terbesar di dunia. Populasi pari raksasa di Thailand sempat masuk kategori terancam punah, namun penelitian lebih lanjut menunjukkan populasi mereka lebih tingi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pari raksasa air tawar adalah salah satu yang terbesar dari sekitar 200 spesies ikan pari. Mereka bisa ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara dan wilayah utara Australia. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab dari spesies ini, termasuk apakah mereka bisa pergi dan bertahan hidup di laut. Spesies pari air tawar ini baru diidentifikasi secara ilmiah pertama kali pada 1989.

source: national geographic archive (edited for today’s use)

 
23 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2010 in Animal, Hidden Event, Uncategorized

 

23 responses to “Appetizer – Giant Stingray

  1. Asop

    Mei 12, 2010 at 9:36 am

    Itu,…..
    Bisa dimakan??

    :loL:

     
  2. ♥ria♥

    Mei 12, 2010 at 12:15 pm

    sama gedenya ma badan kamu hehehehe

     
  3. yoan

    Mei 12, 2010 at 1:42 pm

    dipotong kecil-kecil, diasinin, bisa jadi cadangan makanan berapa bulan tu… *omongannya omnivora*

     
  4. andyan

    Mei 12, 2010 at 4:23 pm

    @asop
    bisalaah
    ubur2 yang beracun aja bisa dibuang racunnya trus diolah
    apalagi cuman ikan pari😀

    @ria
    ew..
    jangan gitu dong

    @yoan
    asinan itu awet ya?
    lagi kekurangan dana nih
    kayaknya perlu beli asinan banyak

    btw, jangan lupa, yang di artikel ini baru appetizer saja😀

     
  5. ngupingers

    Mei 16, 2010 at 6:12 am

    wah emang gedhe bgt yaaa

     
  6. orangekusuka

    Mei 16, 2010 at 5:14 pm

    oh, ini ya yang namanya ikan pari..
    hihi.🙂

     
  7. Faye

    Mei 16, 2010 at 8:39 pm

    kayak selimut gede =))

     
  8. TamaGO

    Mei 17, 2010 at 10:38 am

    wow nggak cuma durian ama pepaya aja yg bisa jadi jumbo di thailand, ikan pari montong juga ada

     
  9. diazhandsome

    Mei 17, 2010 at 5:47 pm

    hah? itu ikan?? dikiarin bakpao… *ngacir*:mrgreen:

     
  10. dian

    Mei 18, 2010 at 6:20 pm

    wuah…
    gede banget mas!!
    nyeremin yak

     
  11. andyan

    Mei 19, 2010 at 5:11 pm

    @ngupingers
    iya, gede

    @orange
    yup2, itu pari aer tawar
    pari aer laut bentuknya sama sih, ya model2nya gitu😀

    @faye
    mau selimutan pakek itu?

    @tama
    kura2 montong kayaknya juga ada loh😆

    @diaz
    lah, lari
    *kejar*

    @dian
    wkwkwk
    tenang, dia nggak ngejar kok klo kita di darat:mrgreen:

     
  12. harikuhariini

    Mei 20, 2010 at 12:23 pm

    Uwow, delapan x berat badan saiya. Bisa untuk menjamu warga satu kampung tuh kayaknya.

     
  13. greengrinn

    Juni 6, 2010 at 7:31 am

    itu yang gede itu namanya ikan?😆 pantesan laut besar,isinya gede-gede semuanya😀

     
  14. orange float

    Juni 7, 2010 at 3:08 pm

    kalo segede gini ngak berani makannya, takut ah gede banget

     
  15. pelangiituaku

    Juni 8, 2010 at 10:24 am

    haii..haiii..
    ada pelangii disini.. hohohoho,, apa kabar kawan??
    mampir dunk ke blog pelangii..
    mari kita berbagi pengalaman…

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/06/01/ibu-pertiwi-janganlah-kau-menangis-kembali-2/

    kasih komentar ya untuk tulisan pelangiii..
    terima kasih banyaakk \^^/

     
  16. Muhammad Joe Sekigawa

    Juni 14, 2010 at 1:07 am

    Subhanallah,,,, Ikannya dege banget yaaa,,,,,
    Kerennnnnnnn

     
  17. NobodyKnowsMe。

    Juni 16, 2010 at 11:18 am

    Wooooowwwwwww……… Dr. Fishnya gede buanget. Bisa² kaki kita ikut kemakan. Bukan cuma sel kulit matinya yg kemakan.

     
  18. Faye

    Juni 18, 2010 at 9:35 am

    nggak mau deh, makasi =))
    eh, pari itu beracun ga sih?

     
  19. deady

    Juni 19, 2010 at 8:17 pm

    e gilaaa
    pari segede itu bisa buat berapa porsi yak?
    *nulis komen pas laper*

     
  20. akhyar

    Juni 30, 2010 at 8:45 pm

    eh, anu… emang ikan pari ada yang bisa di air tawar ya? tak kirain cuman di laut…😕

     
  21. andyan

    Juli 13, 2010 at 9:16 am

    @hariku
    pesta pokoknya sekampung

    @greengrinn
    yang di atas itu tinggalnya di sungai loh
    belum yang di laut😀

    @orange
    ya klo mau makan dipotong dulu
    nggak dimakan utuh segede itu

    @pelangi
    gampang deh:mrgreen:

    @muhammad
    iya
    gede banget ya?

    @NKM
    walah
    mana mungkin ikan kayak gini dipakek terapi kaki😆

    @faye
    kayaknya nggak semua pari beracun

    @deady
    tergantung dimasak jadi apa sih
    wkwkwk

    @akhyar
    ada kok yang di air tawar😀
    lumba2 itu ada juga lumba2 air tawar
    dan buaya, ada juga buaya air asin:mrgreen:

     
  22. Penulis Cemen

    Januari 21, 2011 at 9:54 pm

    Ajieee Gileeee, gede amat tuh pari?

     
  23. andyan

    Februari 1, 2011 at 2:09 pm

    makin gede makin bagus
    wkwkwk

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: