RSS

A Quick White Fox Jumps Over A Frozen Dog

05 Apr

Rubah arktik, atau disebut juga rubah putih, rubah kutub atau rubah salju, adalah kelompok kecil rubah yang hidup di wilayah lingkar utara Arktik dan bisa ditemui di daerah tundra.

Rubah ini tinggal di wilayah dengan suhu ekstrim. Mereka memiliki struktur tubuh untuk menahan dingin, bulu yang tebal, sistem penahan panas, dan sejumlah lemak tubuh. Rubah ini memiliki luas permukaan tubuh yang lebih sempit dibandingkan rubah lain, bisa dilihat dari bentuk tubuh yang cenderung membulat, kaki dan moncong yang pendek, dan telinga pendek yang tebal. Rubah arktik memiliki pendengaran yang tajam dan bisa mendengarkan suara buruan di balik salju. Warna bulunya juga berubah sepanjang tahun. Dalam musim dingin, bulunya berwarna putih untuk penyamaran, dan ketika bulan musim panas, berubah menjadi cokelat.

Rubah arktik cenderung aktif sekitar bulan September hingga Mei. Dengan masa hamil 53 hari, induk rubah melahirkan sekitar 5-8 bayi. Rubah jantan dan betina merawat bayinya bersama-sama. Rubah betina muda akan meninggalkan kelompok untuk membentuk kelompok baru, sementara rubah muda jantan tetap menyatu dengan kelompok induknya.

Rubah membentuk hubungan monogami ketika musim kawin. Bayi akan dilahirkan pada awal musim panas, lalu para orang tua merawat mereka dalam liang yang besar. Liang-liang itu bisa berupa sistem jaringan terowongan bawah tanah yang rumit (tanpa router ataupun switch tentunya), yang menjadi tempat tinggal beberapa generasi rubah. Rubah muda yang lahir tahun lalu akan membantu para orang tua untuk mengasuh saudaranya yang lebih muda. Bayi rubah memiliki bulu kecokelatan, dan warna itu memutih ketika mereka semakin dewasa.

Rubah arktik makan daging apa saja yang bisa ditemukan di kutub, termasuk bayi anjing laut, dan juga ikan di bawah lapisan es. Jika ada makanan yang tidak habis dimakan, mereka akan menguburnya.

Kalo ada yang masih penasaran lagi, spesies rubah yang ini punya 4 sub-spesies:
– Rubah Arktik Kepulauan Bering (Alopex lagopus beringensis)
– Rubah Arktik Iceland (Alopex lagopus fuliginosus)
– Rubah Arktik Kepulauan Pribilof (Alopex lagopus probilofensis)
– Rubah Arktik Greenland (Alopex lagopus foragorapus)
dari namanya terlihat perbedaan masing-masing sub-spesies ada pada wilayah tinggalnya.

Err… jadi, siapa yang mau ikut melompat?

 
34 Komentar

Ditulis oleh pada April 5, 2010 in Animal

 

34 responses to “A Quick White Fox Jumps Over A Frozen Dog

  1. TamaGO

    April 5, 2010 at 9:46 am

    – rubah betina meninggalkan kelompok untuk membentuk kelompok baru –

    brarti klo dapet pasangan, si jantan bakal meninggalkan kelompok trus ikut yg betina gitu ya? trus pas musim kawin mereka monogami, setelah musim kawin gimana? cari pasangan lain? ;))

     
  2. andyan

    April 5, 2010 at 9:54 am

    nggak, si betina ikut masuk kelompoknya si jantan. kecuali klo si jantan udah sendirian (anggota kelompok lainnya mati) nanti mereka bisa berduaan

    setelah musim kawin, ya mengasuh anak2nya:mrgreen:
    monogami maksudnya kan 1 vs 1, jadi perkara nanti cerai trus nikah lagi, tetep 1 vs 1, nggak kayak kucing yang 1 vs banyak😆

    *buset udah dikomen aje, padahal ini di dashboard masih loading ngedit2 dimana2*

     
  3. monemo

    April 5, 2010 at 10:46 am

    busyet, bulunya putiiiiiiiihhhhh mulussssssssssss banget dah

    pakek apa y?

     
  4. primacobacoba

    April 5, 2010 at 11:56 am

    wah, obsesi jadi peneliti?, the nice info bro..

     
  5. yoan

    April 5, 2010 at 12:25 pm

    mau satu buat peliharaaaannn… *sok iyes, megang kucing aja takut..*

     
  6. darahbiroe

    April 5, 2010 at 1:04 pm

    aku gak ikutan melompat ahhhh hehe😀

     
  7. andyan

    April 5, 2010 at 3:07 pm

    @prima
    nggak terlalu sih
    jadi penikmat sajalah

    @yoan
    waah, kapan2 bisa dilempar kucing nih

    @darahbiroe
    hayo sana lompat

     
  8. Asop

    April 5, 2010 at 3:18 pm

    Hehehe… mantap!😀
    Ulas tentang beruang salju dong, udah pernah belum?
    Btw, warna rambutnya (bukan bulu :mrgreen:) putih banget yah. Dari jauh ga bakal ketahuan kalo itu hewan. Apalagi pas badai salju.

     
  9. icang

    April 5, 2010 at 7:00 pm

    rubah putiiihhhhhh *_*

     
  10. Faye

    April 6, 2010 at 2:06 pm

    rikues telah dipenuhi rupanya :”>
    lucu deh rubahnya :”>

    kalo yang bisa berubah warna bulunya itu cuma rubah arktik aja atau rubah2 jenis lain juga bisa?😕

     
  11. greengrinn

    April 6, 2010 at 2:32 pm

    dalam setahun mereka bakal hamil berapa kali? trus itu sekali kelahiran lamgsung 5-8 bayi itu?! masa hamil cuma 53 hari!! ya ampun, cepet banget. jadi mama rubah putih berat, ya lol

     
  12. andyan

    April 6, 2010 at 3:00 pm

    @asop
    belum pengen, weee😛

    @icang
    jatuh cinta?

    @faye
    sepertinya cuman rubah itu aja. rubah lain kebanyakan tinggal di wilayah tropis, jadi nggak usah ganti2 warna

    @greengrinn
    hamilnya ya cuman sekali
    satu musim kawin, satu kali hamil, satu kali ngelahirin
    baru bisa hamil lagi tahun depan pas musim kawin
    nggak kayak manusia yang bisa sesuka-sukanya kawin *ups*

     
  13. Faye

    April 6, 2010 at 8:44 pm

    ndyan, tanggung jawab loh, pokoknya saya mau satu [-(
    *ditendang ke Kepulauan Bering*

     
  14. andyan

    April 7, 2010 at 8:46 am

    kok jadi aku yang tanggung jawab??
    *rendem faye pakek soda kue*

     
  15. Asop

    April 7, 2010 at 12:13 pm

    Bahas lah, mengenai beruang salju…😦

     
  16. greengrinn

    April 7, 2010 at 5:28 pm

    oh gitu😆 eh, tapi kan manusia sesukanya kawin gak mesti punya anak (doh). trus rubah ini bisa makan manusia, dong! ah, gak jadi ngefans rubah deh😛

     
  17. andyan

    April 8, 2010 at 9:50 am

    @asop
    belum mau😆

    @greengrinn
    ya, perbandingan populasinya terlalu besar sih, anggaplah separuh manusia itu dewasa dan menikah, dan separuh dari mereka kawin tiap hari, ya kira2 1 milyar orang kawin tiap hari, misalnya hanya 1% kehamilan, maka tiap hari ada 10 juta orang yang dihamili😆 bandingkan ma rubah😛

    hewan liar itu cenderung menghindari manusia kok, tenang aja
    kecuali manusianya yang maksa masuk ke sarang mereka, ya dadah aja😆

     
  18. ♥ria♥

    April 9, 2010 at 1:13 pm

    aih putihnya kaya kulitku putih (blush)

     
  19. ngupingers

    April 11, 2010 at 7:16 pm

    aihh rubanya mirip aku banget deh

     
  20. Rani

    April 17, 2010 at 10:13 am

    cantik banget rubahnya..kalo boleh dan kalo dia bisa hidup di daerah yang panas seperti ditangerang,.hihih pasti aku pelihara :p

     
  21. AeArc

    April 25, 2010 at 12:08 pm

    baru tau, ternyata ada rubah di temap sedingi itu

     
  22. reikira

    April 30, 2010 at 3:32 pm

    thx infonya ya, baru tau ada rubah kutub juga ^_~ (penggemar hewan kutub-kutuban haha)

    tapi rubah ini cuma ada di kutub utara (arktik) ya? di kutub selatan nggak ada? kaya beruang kutub gitu…

     
  23. diazhandsome

    April 30, 2010 at 9:34 pm

    itu judul postingannya yang semua huruf dalam satu kalimat bukan?

    maaf OOT

     
  24. hafid wahyudi

    Mei 10, 2010 at 11:47 pm

    salam kenal🙂

     
  25. andyan

    Mei 12, 2010 at 8:37 am

    @ria
    *jitak*

    @ngupingers
    ini juga *jitak*:mrgreen:

    @rani
    manusia aja susah payah kok bertahan di tangerang
    *termasuk saya*
    wkww

    @aearc
    hebat ya rubahnya

    @reikira
    terimakasih kembali😀
    di antartika nggak ada yang kayak gituan
    penghuni daratannya cuman penguin, anjing laut, sama beberapa jenis burung terbang yang migrasi tiap musimnya
    CMIIW😀

    @diaz
    yang “The quick brown fox jumps over the lazy dog” itu kan😛

    @hafid
    salam kenal juga😀

     
  26. NobodyKnowsMe。

    Mei 17, 2010 at 8:04 pm

    cantiknyee

     
  27. andyan

    Mei 19, 2010 at 5:08 pm

    cantik cantik cantik:mrgreen:

     
  28. Arif R.

    Mei 19, 2010 at 6:12 pm

    judulnya diplesetin dari text yang ada di komputer..😀

     
  29. tinatar dfuncyute

    Juni 16, 2010 at 11:23 am

    Suka tatapan matanya dweh :-“

     
  30. ochin

    Juni 19, 2010 at 10:33 pm

    eh, mau dong😮

     
  31. andyan

    Juli 13, 2010 at 9:12 am

    @arif
    ketahuan deh, ahaha

    @tinatar
    (blush)

    @ochin
    mau apa?

     
  32. ochin

    Juli 26, 2010 at 8:14 pm

    mau dikasih satu, itu rubah!
    tapi yang udah nggak nggigit😀

     
  33. andyan

    Agustus 1, 2010 at 11:01 am

    rubah ompong, mau?😆

     
  34. facebook gaming

    September 8, 2013 at 8:30 pm

    We are a gaggle of volunteers and starting a brand new scheme
    in our community. Your site provided us with helpful information
    to work on. Yoou have done a formidable job and our entire neighborhood will
    be thankful to you.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: