RSS

The Big Cats – Para Kucing Besar

23 Mar

Oke, blog ini masih bertahan hidup untuk beberapa waktu kedepan, jadi jangan khawatir bagi kalian para penggemar saya *dilempar sandal*

Untuk merayakan keberhasilan melewati masa-masa kritis maka kali ini muncul artikel yang cukup panjang yaitu mengenai “kucing besar”.

Apakah kucing besar itu? Kucing besar adalah kucing yang bisa tumbuh hingga seukuran meja bilyard. Hehe, bercanda kok *digampar*

cheetah close-up

cheetah close-up

Oke oke, serius. Kucing besar hidup di dunia yang sangat berbeda dengan saudaranya, kucing rumahan yang biasanya lucu tapi ada juga yang takut ma kucing rumah. Meskipun seluruh kucing termasuk dalam family Felidae, namun anggota genus Panthera (harimau, singa, jaguar, dan leopard) terkenal dengan kecepatan, suara, dan sifat predator alamiahnya.

Sisi menakjubkan kucing besar adalah kecepatan dan kekuatannya. Cheetah misalnya, mampu berlari pada kecepatan puncak 70 mph (113 km/jam), dengan hanya satu kaki menyentuh tanah dalam tiap langkah lari. Leopard salju mampu melompat sejauh 15 meter dalam sekali loncat, dan leopard lainnya bisa dengan mudah menaiki pepohonan.

Tidak seperti saudara mereka, yang mengeong *miaw* ketika senang atau marah, anggota genus Panthera bisa mengaum karena pita suara yang tebal dan tenggorokan yang lentur menimbulkan bunyi gemuruh. Cheetah adalah pengecualian, karena hanya menggeram saja.

snow leopard

snow leopard

Kucing besar sedang dalam bahaya karena perburuan dan pengurangan habitat. Harimau, leopard salju, dan leopard amur mendapat bahaya terbesar, meskipun demikian, singa, cheetah dan jaguar juga berada dalam ancaman.

Fakta-fakta menarik dari para kucing besar:

1. Cheetah adalah mamalia darat tercepat, dengan kecepatan penuh 113 km/jam

2. Tidak seperti predator Afrika lain, cheetah berburu di tengah hari, dan ketika memburu mangsa mampu berakselerasi dari 0 km/jam ke 96 km/jam dalam hanya 3 detik

3. Auman singa jantan dewasa bisa terdengar hingga jarak 8 km

4. Kaki panjang dan berotot memungkinkan leopard salju meloncat hinggat 7 kali panjang tubuhnya dengan sekali loncat.

male african lion

male african lion

5. Garis-garis pada harimau berfungsi seperti sidik jari, tidak ada harimau dengan garis yang sama

6. Pemanjat terkuat dari kucing besar, leopard, mampu membawa beban seberat dua kali berat tubuhnya naik ke pohon

7. Leopard Amur adalah salah satu hewan dengan ancaman punah terbesar di dunia

8. Dalam satu langkah ketika berlari, cheetah menempuh jarak 7-8 meter

9. Nama “jaguar” berasal dari bahasa amerika kuno yang berarti “dia yang membunuh dengan sekali lompat”

10. Cheetah adalah satu-satunya kucing besar yang tidak mengaum

11. Harimau adalah perenang handal dan tidak menghindari air

ngmsiberian-tiger-grooming

siberian tiger

12. Leopard amur melahirkan 1-4 anak dalam sekali hidup

13. Fossil menunjukkan jaguar telah ada sejak 2 juta tahun lalu

14. Singa adalah satu satunya kucing besar yang hidup berkelompok (satu singa jantan dengan beberapa betina)

15. Leopard adalah kucing besar dengan penyebaran paling luas

16. Singa gunung adalah pelompat yang kuat karena memiliki kaki belakang yang panjang dan otot yang tebal

17. Harimau telah diburu sejak dahulu untuk mendapat kulit, tulang, dan bagian tubuh yang digunakan dalam pengobatan tradisional China

18. Hanya singa yang memiliki rambut panjang di ujung ekor

*foto dari berbagai sumber*

 
73 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2009 in Animal, nature

 

Tag: ,

73 responses to “The Big Cats – Para Kucing Besar

  1. andyan

    Maret 23, 2009 at 2:16 pm

    PERTAMAXXXX!!!!!!!!! *bangga, padahal di blog punya sendiri*

     
  2. icang

    Maret 23, 2009 at 2:38 pm

    PERTAMAXXX *cuek*

     
  3. nikita

    Maret 23, 2009 at 2:51 pm

    andyan—>kucing garong besar *keduax,dan gag bangga*

     
  4. TamaGO

    Maret 23, 2009 at 3:14 pm

    kucing paling atas kok mata kanan ama kirinya beda ya? geass? (woot)

     
  5. TamaGO

    Maret 23, 2009 at 3:14 pm

    aih lupa belum berhitung, klimax!!!!!

     
  6. Fairuz

    Maret 23, 2009 at 3:41 pm

    Aaaaa… kenapa ga pernah berhasil pertamax di sini???
    *misuh2*

    Mereka emang keren, lho…. Aku pengen miara satu, tapi ngeri juga:mrgreen:

     
  7. andyan

    Maret 23, 2009 at 3:57 pm

    @andyan
    *jitak*
    apaan sih tereak2 di rumah

    @icang
    *jitak too*
    wolpi gak bisa itung-itungan

    @nikita
    *jitak three*

    @tamago
    itu sih efek eyeshadow:mrgreen:

    ini malah klimax *jitak four*
    *sigh, kenapa isinya jitakan semua*

    @fairuz
    anda belum beruntung *bungkem biar gak misuh2*
    yang besar kemungkinan pertamax adalah
    1. penulis sendiri klo lagi lebay
    2. orang yang gak bisa itung itungan (misalnya icang diatas)
    gak boleh dipiara, makannya banyak😀

     
  8. monemo

    Maret 23, 2009 at 4:36 pm

    “anggota genus Panthera bisa mengaum karena pita suara yang tebal dan tenggorokan yang lentur menimbulkan bunyi gemuruh”

    kalo pas lagi sakit tenggorokan…
    mengaumnya gimana dnk??
    plet..

     
  9. andyan

    Maret 23, 2009 at 4:37 pm

    kalo sakit tenggorokan, minum fix formula 44 dulu:mrgreen:

     
  10. Arm

    Maret 23, 2009 at 4:47 pm

    hehe, akhirnya aktif juga😉

    kucing besar emang pelari cepat, tapi lebih ke sprinter alias pelari jarak pendek
    beda dengan keluarga guk guk alias Canis, mereka cenderung pelari marathon alias mampu berlari berjam-jam bahkan berhari-hari dengan kecepatan yg lumayan tinggi tapi konstan

     
  11. and1k

    Maret 23, 2009 at 5:17 pm

    informasi yang berguna nih.

    oh ya u abis ganti tema ya tapi bgus kok

     
  12. ochin

    Maret 23, 2009 at 5:33 pm

    ati2 bagi Anda yang meliara tuh kucing2 besar,
    bisa2 Anda jadi mangsa, bukan lagi majikan..
    ahaha~

    *sunyi~*
    *ga da yg nanggepin, tapi ketawa-kwtiwi sendiri*

     
  13. Reina Lunarrune

    Maret 23, 2009 at 5:44 pm

    *berharap ada orang yang mau ngasih snow leopardnya*

     
  14. NobodyKnowsMe。

    Maret 23, 2009 at 11:23 pm

    “Dalam satu langkah ketika berlari, cheetah menempuh jarak 7-8 meter”

    cool

    “Auman singa jantan dewasa bisa terdengar hingga jarak 8 km”
    wooooowwwwwww……

     
  15. andyan

    Maret 24, 2009 at 9:40 am

    @Arm
    yak, anda benar sekali
    btw, Arm keluarga guguk juga ya *ditampar*

    @and1k
    hee, sebenarnya iti tema yang udah pernah dipakek dulu sih

    @ochin
    *masukin RSJ*

    @Lunarrune
    minta aja ke ragunan:mrgreen:

    @NKM
    (unsure)
    ….

     
  16. TamaGO

    Maret 24, 2009 at 12:47 pm

    klo komen pertama = pertamax maka komen kelima = klimax kan?
    bener kan? bener kan? bener kan? *dilempar cheetah*

     
  17. andyan

    Maret 24, 2009 at 3:03 pm

    *iket tama masukin ke kandang buaya*

     
  18. Asop

    Maret 24, 2009 at 4:53 pm

    Lucccuuuuuuuuu …. ^^

    Sumpe deh, lucu loh harimau itu kalo dilihat dengan seksama…. terutama cheetah tuh, yang paling mirip ama kucing… ^^

    Heee… saya bangga nih make Mac OS X Leopard…..
    *ga nyambung!*

     
  19. andyan

    Maret 24, 2009 at 5:13 pm

    *jitak asop*:mrgreen:
    pakek windows vista safari edition!!! *emang ada ya???*

    oi orang microsoft, bikinin dnk *dilempari monitor*

     
  20. Asop

    Maret 25, 2009 at 6:51 am

    Hwkwkwkwkwkwkkwkwk…!!

    Vista Safari edition….😀

    Tahu ga kalo Vista itu produk gagalnya Microsoft?😀

    *lho, makin ga nyambung gini*

    Cut, cut! >.<

     
  21. Reina Lunarrune

    Maret 25, 2009 at 10:58 pm

    mintain di ragunan deh

     
  22. Arm

    Maret 26, 2009 at 5:00 am

    btw, Arm keluarga guguk juga ya *ditampar*

    *siapin kuku*
    *scracth!!*
    ..
    ..
    *kabur dengan buntut terangkat*

     
  23. Novi~Atrix

    Maret 26, 2009 at 2:27 pm

    andyan kucing garong

    *kaburrrr*

     
  24. andyan

    Maret 27, 2009 at 9:27 am

    @Lunarrune
    di ragunan adanya harimau putih, itupun cuman satu
    padahal udah susah payah berdarah darah aku ke ragunan muter2 mo nyari, eh, harimaunya tidur pulak, udah gitu tempatnya di ujung pulak (angry) (angry)

    @Arm
    *ngliatin guguk yang punya kuku*

    @Novi
    emang kamu pernah jadi korbanku ya?:mrgreen:

     
  25. ....

    Maret 27, 2009 at 9:47 am

    >>>.<<<
    numpang lwat..

    skedar tambahan::

    cheetah emang hwan yg larix pling cpat d darat tp proses bagaimana dia mengeluarkan tnaga dan kcepatan itu mengakibatkan sesuatu yg berbahaya bgi dri cheetah itu sendiri..khususx pda kaki-kakix..otot-ototx,,yg d prut n kaki dpan n blkangx..

     
  26. andyan

    Maret 27, 2009 at 10:52 am

    citah gak bisa lari cepat dlm waktu lama, paling beberapa detik doank
    klo dipaksain bisa lumpuh😀

    btw ni sapa ya kok numpangin saya *plak*

     
  27. Fairuz

    Maret 27, 2009 at 12:03 pm

    *misuh2 lagi*
    abisan lucu banget kan tampang2 mereka, rasanya pengen dikuwel2 (halah, ngerti ga sih apa artinya dikuwel2?😛 )

     
  28. Reina Lunarrune

    Maret 27, 2009 at 1:21 pm

    Gwakakakakakakak
    nasib banget~!
    *ngakak gulingguling*

    yaudah, harimao putih juga gapapa😀

     
  29. andyan

    Maret 27, 2009 at 1:27 pm

    gak ngerti tapi bisa ngira2:mrgreen:

     
  30. andyan

    Maret 27, 2009 at 1:35 pm

    @Asop
    masuk spam:mrgreen:
    makanya jangan jelek2in vista:mrgreen:

    @Lunarrune
    tapi cuman ada satu, kasian klo diambil juga

     
  31. Asop

    Maret 27, 2009 at 3:47 pm

    @ andyan

    ah parah nih microsoft, sampe segitunya….😀

    Seperti kata Fairuz, bener2 lucu kan? setuju….

     
  32. andyan

    Maret 27, 2009 at 5:51 pm

    haha
    lucu dan menggemaskan😀

     
  33. Rian Xavier

    Maret 27, 2009 at 7:20 pm

    yang cheetah lucu.:mrgreen:

     
  34. wahyu

    Maret 28, 2009 at 3:57 pm

    Kucing apa anjing yah😀

     
  35. Novi~Atrix

    Maret 28, 2009 at 10:31 pm

    wakakakaka gk pernah sih…. cuma nebak aja…
    *bentak* mank gak boleh!! hah!!! *nepuk meja*

    *wakakakaka*

     
  36. TamaGO

    Maret 29, 2009 at 10:12 am

    *melenggang keluar dari kandang buaya sambil pake sepatu kulit baru*

     
  37. sopyanetawa

    Maret 29, 2009 at 9:06 pm

    aku udah yang ke berapa mas, 37 ya

     
  38. andyan

    Maret 30, 2009 at 9:09 am

    @xavier
    lucu mana sama aku *dikeplak*

    @wahyu
    bukan tikus kok

    @atrix
    *lempar pakek meja*

    @tama
    *terpana*
    *ngliatin buaya yang jadi telanjang*

    @sopyanetawa
    ??
    ngitung apa?

     
  39. thepenks

    Maret 31, 2009 at 11:03 am

    salah satu kucingnya kayak yang di kungfu panda.. hayo, gambar yang mana?

     
  40. andyan

    Maret 31, 2009 at 2:30 pm

    malah maen tebak tebakan:mrgreen:
    yang mana ya

     
  41. soewoengkosong

    April 1, 2009 at 11:49 am

    mboke rangga dulu pengen melihara… terus diriku bingung

     
  42. Lhi YOu

    April 2, 2009 at 11:00 am

    Wah.. ternyata bangsa gw di liput juga…

    hahahahha..

    tapi thx banget buat Andyan yang telah memperkenalkan reptil..

    dan sekarang Lhi dah punya seekor ular phyton yang imut…

    makasih yach.. ^_^

     
  43. Arm

    April 3, 2009 at 3:17 pm

    kapan mbahas kucing rumahan yg suka nyolong ikan goreng?😎

     
  44. agung agriza

    April 6, 2009 at 5:16 pm

    aku suka kucing .. kecil🙂

     
  45. Huang

    April 7, 2009 at 8:49 pm

    Waktu tuh khan ada macan yang menerkam warga.. dicabik2 gituuu

     
  46. Reina Lunarrune

    April 11, 2009 at 2:53 pm

    mau… *ngidem*
    xD

     
  47. Asop

    April 12, 2009 at 6:04 pm

    Salamat, Andyan dapet award!😀

    Ambil award-nya di blog saya… ^^

     
  48. ervan

    April 14, 2009 at 1:14 pm

    golek pisan a boss sing info tentang
    LIGER (LION X TIGRESS)
    TIGON (TIGER X LIONESS)
    LI-LIGER
    LI-TIGON
    TI-LIGER
    TI-TIGON
    JAGUAR X LEOPARD (JAGULEP, JAGLEOP, LEPJAG)
    LION X JAGUAR X LEOPARD

     
  49. andyan

    April 15, 2009 at 1:27 pm

    err….
    *bingung ngeliatin komen2*

    @soewoeng
    mboke rangga sing endi?

    @lhi
    …..

    @arm
    suka kucing kah?? *jilat jilat*

    @agriza
    kalo kucing… bonsai mau nggak:mrgreen:

    @huang
    iyakah?
    dimana dimana

    @lunarrune
    hamil berapa bulan bu?:mrgreen:

    @asop
    (woot) award lagii

    @ervan
    apa-apaan itu
    itu rekayasa manusia yang mencoba menandingi ciptaan tuhan dengan menyilangkan spesies yang berbeda *sigh*

     
  50. Ghani Arasyid

    April 17, 2009 at 4:17 pm

    waah…
    dimana-mana meskipun bentuknya besar kucing itu lucu yaaaa😛

    *penggemarkucingsejati.net*

     
  51. arsen

    April 19, 2009 at 11:30 am

    ada apa gan?mo nanya apa?

     
  52. andyan

    April 20, 2009 at 12:54 pm

    @ghani
    haha, ya memang seperti itulah

    @arsen
    “gan?” ??
    ck ck ck
    kaskuser sejati deh:mrgreen:

     
  53. novnov

    April 24, 2009 at 1:30 am

    aku suka kucing tapi gak suka yg besar…..

     
  54. carra

    April 24, 2009 at 9:14 am

    *nyari white tiger kok nda ada ya*

    klo liat singa ituh pengennya nguwel2 rambutnya… tapi kalo beneran ta uwel2 jangan2 ntar dia bales uwel2 yaa…😐

     
  55. andyan

    April 24, 2009 at 10:25 am

    @novnov
    kucing yang imut mau?

    @carra
    tenang tenang
    diya bales uwel uwel rambut juga kok, hehe:mrgreen:

     
  56. ichanx

    April 28, 2009 at 11:24 pm

    arrgghhhhh… pokoknya gw ogah ketemu mahluk begini…. *masih sayang nyawa*

     
  57. Rukia

    April 30, 2009 at 9:32 am

    Cheetahnya lucu^^
    Snow Leopardnya juga^^
    Singa, hmm…. ga suka (nottalking)
    Harimau, boleh deh:mrgreen:

    Pengen punya Snow Leopard, bisa dibeli di mana ya? ada yang tahu dan bisa bantu saya?

     
  58. you-know-who。

    Mei 1, 2009 at 1:36 am

    ga di update mas?

     
  59. Reina Lunarrune

    Mei 1, 2009 at 10:13 am

    post baru?
    post baru?

     
  60. andyan

    Mei 1, 2009 at 11:09 am

    @ichanx
    kok potonya mirip chester ya? *OOT*

    @rukia
    beli di pasar loar?

    @NKM + lunarrune
    err… iya deh, menunggu post ya *kerjaan lagi banyak*

     
  61. Rian Xavier

    Mei 2, 2009 at 5:02 pm

    2 juta taun yang lalu? Wew… lama bener ya.

     
  62. Asop

    Mei 9, 2009 at 8:05 am

    Btw, Andyan, dapet award lagi…. ^^ Saya ga tau Andyan udah dapet award ini apa belom.. kalo belom silahkan diambil..😀

     
  63. andyan

    Mei 12, 2009 at 10:23 am

    @rian
    apanya yg 2 juta ya *lemot mode on*

    @asop
    wah, panasonic award??
    asik asik *dijitak*

     
  64. Silly

    Mei 13, 2009 at 10:34 am

    wahhhh, bulunya kerennnnnn… pasti cantik buat dijadiin mantel

    *dihajar sampe babak belur sama org2 di GreenPeace*

     
  65. andyan

    Mei 13, 2009 at 10:44 am

    aah, tidaaak…..
    *jitakin silly*
    jangan dnk tante, pakek mantel bulu anjing laut aja:mrgreen: *dihajar juga, katanya anggota greenpeace kok malah gini*

     
  66. Dyah

    Mei 21, 2009 at 8:32 am

    kalo kucing kecil pus miaw miaaw yan???

    g termasuk disini dong😄

     
  67. andyan

    Mei 22, 2009 at 11:25 am

    ah kamu ini
    masak kucing miaw miaw segede singa

     
  68. Dangstars

    Agustus 24, 2009 at 1:10 pm

    Lain ucing etamah,,,singa alias macan…hiiiiii


Arti nama anda ada disini…Cet…Pencet

     
  69. andyan

    Agustus 24, 2009 at 1:25 pm

    beda ya, bukan keluarganya:mrgreen:

     
  70. Snowie

    Agustus 26, 2009 at 9:28 pm

    Haaaahh…
    Saya selalu terpesona kalo lihat segala jenis kucing. Biar kecil maupun yg besar. xP

     
  71. andyan

    Agustus 27, 2009 at 10:17 am

    kucing kan menggemaskan, hehehe

     
  72. Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jakarta

    November 14, 2009 at 3:39 pm

    menyeramkaaan…….

    —-
    Jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id

     
  73. andyan

    November 16, 2009 at 10:57 am

    😛
    masak sih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: