RSS

Pinguin (penguin??) Antartika dalam bahaya!!

09 Des
sebuah koloni pinguin

sebuah koloni pinguin

Hingga 75 persen pinguin Antartika bisa menghilang jika pemanasan global terus menaikkan suhu di benua tersebut.

Peningkatan suhu global sebesar 3,6 Fahrenheit (2 derajat Celcius) akan mempengaruhi keadaan es laut tempat hewan-hewan tersebut tinggal.

Peningkatan temperature ini, akan mempengaruhi kebiasaan hidup pinguin emperor dan pinguin adelie, dua jenis pinguin yang hidup, berburu dan berkembang biaknya bergantung pada lapisan es.

Hingga 50% koloni emperor dan 75% koloni adelie bisa terkena imbas pemanasan ini. Benua Antartika saat ini memiliki sekitar 40 koloni pinguin emperor dan 160 koloni adelie, dengan tiap koloni berisi ribuan burung.

Pinguin emperor bertelur dan membesarkan anaknya di lapisan es laut yang terhubung dengan daratan.

Adelie tidak berkembang biak pada lapisan es laut seperti emperor, namun mereka mencari makan diantara potongan-potongan es.

Jika lapisan es berkurang, maka kedua jenis pinguin tersebut akan menemui kesulitan dalam menjalani kehidupannya.

Namun, ada juga beberapa spesies yang diuntungkan. Beberapa pinguin yang tidak tergantung es, seperti chinstrap dan gentoo, mulai berpindah ke wilayah Antartika yang dulu digunakan adelia karena suhu yang meningkat.

Sejak 1974, populasi gentoo telah meningkat 7.500 persen, sementara populasi chinstrap meningkat hingga 2700 persen.

Namun, selain peningkatan suhu, bahay sesungguhnya yang mengancam keberadaan pinguin adalah peningkatan populasi manusia.

Dengan pengurangan jumlah es, manusia memiliki akses ke habitat ikan yang semula terlindung oleh lapisan es laut.

 
36 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 9, 2008 in Uncategorized

 

Tag: , , ,

36 responses to “Pinguin (penguin??) Antartika dalam bahaya!!

  1. Reina

    Desember 9, 2008 at 11:55 am

    Pertamaxxx…

    Pinguinnya lucu ya…
    Tapi kasian kalo sampai punah…
    Let’s save them!!! ^^

     
  2. andyan

    Desember 9, 2008 at 1:07 pm

    pingu~

     
  3. Reina Lunarrune

    Desember 9, 2008 at 5:05 pm

    Boleh kupelihara?

     
  4. Ty$@

    Desember 9, 2008 at 6:54 pm

    Pinguin jangan punah donk…😦

    Klo Antartika udah ga bersahabat lagi buat tempat tinggal, tuh rumahQ masih kosong kq. Boleh ditempati ma pinguin😀

     
  5. Ghani Arasyid

    Desember 9, 2008 at 10:45 pm

    ^
    ^

    Memangnya penguin bisa hidup di negara tropis?😛


    The sea is huge. One day you’ll surely meet nakama who will protect you. There’s no such thing as being born into this world to be alone.

     
  6. Rei。

    Desember 9, 2008 at 10:54 pm

    uuugh… lutuna

    kasian mreka

     
  7. andyan

    Desember 10, 2008 at 9:29 am

    @reinalunarrune
    satu aja ya

    @tysa
    rumahmu mw djadiin kulkas ya:mrgreen:

    @ghani
    ada yg d wilayah tropis, ada jg yang cuman d es
    nakama…

    @rei
    iya, sayang klo abis

     
  8. Fairuz ねえーちゃん

    Desember 10, 2008 at 10:07 am

    Gyaaa… ada pinguin…. pengen peluk2… >_<

     
  9. andyan

    Desember 10, 2008 at 10:35 am

    iruz gak boleh nakal!!

     
  10. nico

    Desember 10, 2008 at 9:07 pm

    beh, manusianya aja yang dikurangi… wkwkwkw terus penguin yang menguasai bumi ini..🙂

     
  11. Rian Xavier

    Desember 11, 2008 at 9:50 am

    WAhhhh Jadi pingin penguinnya. Wkwkwk. Lucu banget ya penguin. Seandainya bisa hidup di Indonesia.

     
  12. andyan

    Desember 11, 2008 at 12:05 pm

    @nico
    ahaha

    @xavier
    klo d Indonesia, adanya bebek ^^

     
  13. nirleka

    Desember 11, 2008 at 3:44 pm

    cuma penasaran….
    7.500 persen
    2700 persen
    Wow, terjadi ledakan populasi pinguin dong?:mrgreen:

     
  14. ochin

    Desember 11, 2008 at 4:43 pm

    pinplup~

     
  15. Strife Leonhart

    Desember 12, 2008 at 7:09 pm

    sate penguin enak gak ya?
    *ditabok andyan*

     
  16. saKuZo

    Desember 12, 2008 at 7:17 pm

    ahhaha iya ya, jadi pengen sate penguin😀

     
  17. azkaa,,

    Desember 13, 2008 at 6:02 pm

    i love happy feet*!!!

    *film animasi tentang penguin, hehe.

     
  18. arifudin

    Desember 13, 2008 at 11:52 pm

    Pinguin-pinguin akyu suka imut………..

     
  19. estu

    Desember 14, 2008 at 11:29 am

    wah gawat juga para pinguin jadi kesimpulannya neh saklah siapa

     
  20. Fairuz ねえーちゃん

    Desember 14, 2008 at 12:19 pm

    >__<

     
  21. Fairuz ねえーちゃん

    Desember 14, 2008 at 12:25 pm

    *ngejar pinguin pengen peluk2*

    Jadi inget kartun Korea di RCTI dulu, ada pinguin lucu warna biru😀

     
  22. Rukia

    Desember 16, 2008 at 11:48 am

    wa… pinguinnya lucu, mau dong satu:mrgreen: tapi pinguin bisa hidup berdampingan ma kucing ga ya?*mikir*
    secara pinguin kan burung dan burung musuhan ma kucing😦

     
  23. Rian Xavier

    Desember 17, 2008 at 8:08 pm

    @andyan, iya. pingin ditaruh rumah satu tuh penguin. Wkwkwk.:mrgreen:

     
  24. raksawardana

    Desember 17, 2008 at 10:13 pm

    pinguin itu binatang aneh.. Kayanya pengen jd burung ga kesampean, jd ikan jg engga. Tp kasian juga kalu sampe punah .

     
  25. lhi you

    Desember 18, 2008 at 5:46 pm

    eh.. apa benar..

    klo pinguin itu, bisa nyanyi dan berjoget seperti film happy feet??

    klo bener.. aku mau dunk…

    hehehehehehe

    ^_^

     
  26. kingKONG

    Desember 20, 2008 at 2:38 pm

    jadi pengen liat film Happy feet wkwkwk

    *pisss*

     
  27. nurakhilla

    Desember 22, 2008 at 3:11 pm

    Aku suka sama gaya berjalannya Pinguin

    hehehe…

    Btw, di bonbin Sby ada pinguinnya g ya… ?

    Jd pengen liat

     
  28. tenyom is cute

    Desember 22, 2008 at 8:11 pm

    monyet lebih lucu!!
    hidup monyet.. yeee..!!!

    lah?

    yan, gue uda gabung di liga pantasi, ternyata bisa akses lewat hape juga ya..
    canggih..
    asoy..

     
  29. andyan

    Desember 23, 2008 at 10:58 am

    buat semuanyaaaaaa
    *jitakin satu2*
    *kasih permen satu*
    terima kasih atas partisipasi dan antusiasme anda dalam program ini
    silakan mengikuti promo kami berikutnya
    *digebukin gara2 jawaban ngasal*

     
  30. upie

    Desember 23, 2008 at 4:33 pm

    Kesiah ya pinguin, mau ngilang aja pake nunggu global warming ( loh… >> korban iklan )

    Nah.. uda tau gini, kita musti baekan dikit-lah. STOP GLOBAL WARMING!!! Merdeka!!!

     
  31. upie

    Desember 23, 2008 at 4:35 pm

    Kesian ya pinguin, mau ngilang aja pake nunggu global warming ( loh… >> korban iklan )

    Nah.. uda tau gini, kita musti baekan dikit-lah. STOP GLOBAL WARMING!!! Merdeka!!!

     
  32. andyan

    Desember 23, 2008 at 5:02 pm

    yap setuju
    merdeka atau mati!!!!

     
  33. jee

    Desember 27, 2008 at 9:50 am

    aku suka penguin. jangan sampai punaaaaaah. jangan !

     
  34. andyan

    Desember 30, 2008 at 8:07 am

    lha?
    ahahaha

     
  35. sophie

    Januari 14, 2009 at 10:59 am

    help!!!!

    info tentang berkembang biaknya donk (pinguin).

     
  36. sophie

    Januari 14, 2009 at 11:05 am

    please, send me an information about they eeg, baby etc..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: