RSS

Mamba??

26 Nov

Maaf smuanya, ni posting udah panjang, nggk ada gambarnya pula. Garing banget kyknya. Habis, koneksi nggk mengijinkan untuk mengupload gambar, jadi ya cuman teks doank. Semoga masih minat baca ya..

===================================================================

The Black Mamba, mamba hitam dalam bahasa sini atau Dendroaspis polypelis dalam sebutan ahli biologi. Ular ini hidup di wilayah negara Somalia dan Kenya sebelah utara, dan merupakan ular paling beracun dan paling ditakuti di Afrika. Ular ini terkenal akan keagresifannya (menyerang pengganggu) jika merasa terganggu, sementara ular berbisa lain cenderung bertahan jika diganggu. Jika diganggu, mamba tidak segan untuk menyerang dengan tikaman yang mematikan. Mamba hitam adalah ular beracun terbesar di Afrika dan terpanjang kedua di dunia. Mamba hitam dewasa memiliki panjang rata-rata 2,5 meter, dan mampu tumbuh hingga panjang maksimal 4,5 meter. Dari ular berbisa seluruh dunia, hanya King Cobra yang lebih panjang. Nama mamba hitam sedikit tidak sesuai karena warna ular ini sama sekali tidak hitam, bahkan ada yang berwarna silver, meskipun semakin tua warna itu akan semakin gelap. Nama ini didapat dari bagian dalam mulutnya yang hitam seperti tinta. Black mamba diketahui sebagai ular tercepat di dunia, dengan kecepatan hingga 19,5 km/jam atau sekitar 5,4 meter perdetik.

Mamba berburu pada siang hari. Mereka berburu tikus, tupai tanah, dan mamalia kecil lainnya. Cara berburunya dengan memasukkan bisa lalu menunggu hingga buruan tidak mampu bergerak lagi. Mamba dikabarkan juga berburu kadal dan ular lainnya.

Ketika berhadapan dengan pengganggu yang lebih besar, mamba tidak sungkan untuk menyerang berkali-kali, menyuntikkan racun syaraf dan pernafasan tiap kali gigitan, menyerang wilayah kepala dan leher (tidak seperti ular lain yg cenderung menyerang kaki untuk mengusir pengganggu). Mamba bisa menyuntikkan bisanya 12 kali berturut-turut dengan cara ini. Satu kali gigitan mamba menyuntikkan racun yang sanggup membunuh 10 pria dewasa. Jika terpojok, mamba otomatis mengambil sikap menyerang. Dia akan merendahkan leher, mengeluarkan desisan keras, dan menunjukkan mulut yang hitam serta taringnya.

Kembali mengenai racun, mamba hitam adalah ular paling beracun di Afrika. dengan dosis 0,25 – 0,32 mg/kg, 10 kali lebih beracun daripada ular viper dan menyaingi racun dari king cobra asia. Racun dari mamba hitam mengandung neurotoxin (racun pelumpuh syaraf yang bisa menghentikan kerja otak dan saraf tulang belakang, dalam dosis besar akan menghentikan kerja jantung, paru-paru dan getah bening). Sekali gigitan mengirimkan 100-120 mg racun, bahkan hingga 200 mg, sementara 20 mg neurotoxin berarti kematian bagi seorang laki-laki dewasa.

Ciri gigitan mamba adalah rasa sakit di sekitar area gigitan (YA IYALAHH, KAN DIGIGIIIT!!!!). Korban akan merasakan sedikit gelenyar di mulut dan anggota gerak (kaki dan tangan), ptosis, diplopia, dyspaghia, penglihatan memudar, rasa pusing, rasa sakit pada sendi, demam, gangguan napas, pengeluaran air liur yang berlebihan (termasuk busa dari mulut dan hidung), serta kegagalan pengendalian otot.

Jika tidak mendapat pertolongan yang benar, korban akan segera mengalami rasa sakit di bagian perut, mual dan muntah, berhenti bekerjanya kelenjar limpa, tidak bisa bernapas, epistaxis, pucat, kejang-kejang, keracunan ginjal, racun mulai mempengaruhi jantung, dan korban menjadi kaku. Tanpa pertolongan segera, tingkat kematian akibat gigitan mamba mendekati angka mutlak 100%, salah satu tertinggi diantara ular beracun seluruh dunia. Tergantung gigitannya, kematian bisa datang sekitar 15-30 menit, kadang hingga 120-180 menit korban masih bisa tertolong.

Ular yang sangat beracun, agresif, dan sering dipakai melambangkan kematian. Salah satu ciri lain mamba, adalah tengkorak kepalanya yang khas. Bila dilihat dari atas, akan terlihat seperti peti mati. Tahu kan, peti mati yg biasa ada di film-film drakula, peti mati segi enam itu. Sebagian penduduk lokal menganggap mamba adalah dewa kematian. You see? I kinda love this snake, ehehe

 
30 Komentar

Ditulis oleh pada November 26, 2008 in Animal

 

Tag: ,

30 responses to “Mamba??

  1. Ghani Arasyid

    November 26, 2008 at 1:38 pm

    walah…
    kirain apa.

    Kalo bicara tentang ular, jadi teringet scene di Skypiea.
    Saat Luffy dengan bodohnya ditelan sama phyton raksasa… usaha nyari jalan keluarnya juga konyol, dengan poop dari pantatnya😆

    Untung ga dibolehin sama Nami dan Aisa😛

    *ngaco.com

     
  2. Fairuz ねえーちゃん

    November 26, 2008 at 3:31 pm

    Gambarnya manaaa…🙄

    Selama ini saya pikir yang paling beracun itu kalo ga king kobra ya viper…. Be te we, habitat ularnya artinya di padang pasir, ya?

     
  3. andyan

    November 26, 2008 at 5:20 pm

    @fairuz
    aaaaa.. hikz2 *nangis*
    gambarnya gak bisa diposting
    peringkat satu, king kobra, dua, blek mamba, bis tu baru golongan viper
    g tau tu, d afrika sono

     
  4. ochin

    November 27, 2008 at 12:49 pm

    hua…
    sangat menakutkan, aku sedang membayangkan bentuk fisiknya,..
    gmn ya?? penasaran..
    masa sih kecepatannya sampe 5,4 m/detik?? gak kebayang gimana rasanya dikejar tuh ular yang menakutkan.

     
  5. andyan

    November 27, 2008 at 4:28 pm

    ya, kayak kita lari cepat mgkn ya
    klo orang lari 100 m, klo agak pelan kan 20 detik lah(pelan banget kata guru olahraga)
    brarti kan 5 meter per detik

     
  6. Fairuz ねえーちゃん

    November 28, 2008 at 9:22 am

    Iya, ga lucu aja kalo lagi di sawah muncul mamba alih2 ular sawah raksasa?:mrgreen:

     
  7. andyan

    November 28, 2008 at 5:38 pm

    klo ada ular sawah raksasa, aku lari dnk

     
  8. dyyuliatin

    November 30, 2008 at 2:41 pm

    hiyyyyy cek serem bgt yo yan….

    Ular baik yg jinak atau yg ganas nggak ada yg prefer aku. tak benci semua pokoknya…:(

     
  9. andyan

    Desember 1, 2008 at 10:25 am

    klo ularnya pakek pita gmna?

     
  10. dyyuliatin

    Desember 2, 2008 at 7:45 pm

    kalopun ularnya cakep n mirip kayak Nicholas Saputra atau bahkan mirip …..hehehe someone sekalipun aku juga kagak bakalan demen,,,hiiiiyyy
    amit2 jabang bayiiiii

    *sambil ngelus perut*

    km g geli ma ular a?? Ngeri aku denger kata2ny aj

     
  11. andyan

    Desember 3, 2008 at 8:56 am

    nggk tu
    *paling gak ,g pernah musuhan ma ular*

     
  12. Ty$@

    Desember 3, 2008 at 9:11 am

    Andyan…….

    cuman mampir thok kq

     
  13. andyan

    Desember 3, 2008 at 9:13 am

    hus huss
    *ngusir*:mrgreen:

     
  14. dyyuliatin

    Desember 3, 2008 at 4:51 pm

    wo yo iya lah,,,,km kan temene….

    O iya yan, td q liat temen2 km d seberang jalan lo…
    yang bunyi2 “Mbeeeek mbeeeek mbeeeeeekkk”

    hehhehhee

     
  15. andyan

    Desember 3, 2008 at 5:11 pm

    @dy
    inget utang lo:mrgreen:

     
  16. dyyuliatin

    Desember 3, 2008 at 7:51 pm

    duuuuh g dsni g disana mbhas utaaaang mulu

    aku konfirmasi y dek,,,

    anak kecil tu jgn maen yg mcm2 y
    jgn aneh2 lo….c*** hanya buat org gede lo…

    ya.,…ok close the treat???

     
  17. frahasti

    Desember 3, 2008 at 8:42 pm

    kalau bicara tentang ular aku suka ma ular laut karena bisanya mematikan.

     
  18. andyan

    Desember 4, 2008 at 1:04 pm

    @dy
    oke, bukan anak anak lagi

    @frahasti
    tapi bahaya loh klo maen2 ular

     
  19. dyyuliatin

    Desember 4, 2008 at 4:45 pm

    Close the treat lo yan….
    ngueyyeeeeeLLLL……

    oiya btw,,,kalo yg ny*** Mambanya aj gmn Yan???? mantap tuh kyknya

     
  20. andyan

    Desember 5, 2008 at 9:35 am

    katanya close
    kok dibuka lagi
    brarti masih utang ya

     
  21. agoes aan

    Juni 11, 2009 at 3:02 pm

    good info. i like read this post

     
  22. andyan

    Juni 11, 2009 at 5:25 pm

    wah, ternyata masih ada yg baca
    tengkyu…

     
  23. ffff

    Januari 2, 2010 at 9:20 pm

    mana gambar na<

     
  24. ddddd

    Januari 2, 2010 at 9:21 pm

    helowwwwB-0

     
  25. dddddiiii:

    Januari 2, 2010 at 9:23 pm

    :->

     
  26. dddddiiii:

    Januari 2, 2010 at 9:23 pm

    mana gambar nya penasaran
    1

     
  27. dddddiiii:

    Januari 2, 2010 at 9:25 pm

    apaann sih eke penasaran:-D

     
  28. puguh

    Januari 2, 2010 at 9:26 pm

    keren:-o

     
  29. rana

    Januari 2, 2010 at 9:28 pm

    ini keren abis bo

     
  30. alin.aun

    Januari 4, 2010 at 8:43 am

    Sayang sih gak ada gambarnya, di up date, aja! Heheh,..
    Tapi buat teman-teman yang penasaran dengan wujud Mamba seperti apa,. bisa saja langsung sekalian klik di sini-sini.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: