RSS

10 Best Micro-Photography 2008

20 Okt

First Place: Diatom Rainbows

Jalur-jalur tipis pada sebuah diatom mikroskopis (sejenis alga) menampilkan pelangi natural ketika difoto menggunakan polarisasi filter cahaya.

Foto yang diambil oleh ahli mikroskopik Inggris yang telah pensiun, Michael Stringer ini mendapat hadiah utama dan US$ 3000 di Kompetisi Mikrofoto Dunia Kecil (Small World Photomicrography Competition) yang hasilnya diumumkan tanggal 15 Oktober 2008 kemarin. Acara yang disponsori oleh Nikon ini memiliki tema ” Keindahan dan Kerumitan bentuk kehidupan dari Sudut Pandang Mikroskopis”

========================================================

Second Place: Nanotube Factory

Potongan yang sangat kecil dari karbon yang dipanaskan bercahaya dalam foto yang diambil oleh Paul Marshall dari Institut Pengetahuan Mikrostruktural Kanada, seorang pemenang kompetisi.

Potongan ini sangatlah kecil, berbentuk silinder dari atom karbon. Untuk membuatnya yang hanya berukuran 1/50.000 lebar rambut manusia, sepotong karbon (grafit) dipanaskan menggunakan laser atau tegangan tinggi. Kadang-kadang, karbon itu akan mengembang seperti kuntum bunga pada musim semi.

========================================================

Third Place: Flower Power

Albert Tousson dari Universitas Alabama sedang mencoba sebuah mikroskop laser di laboratorium miliknya dan menaruh sehelai mahkota bunga lili di bawah lensa, memperbesar gambarnya 1300 kali, dan hasil gambar itu membuatnya menjadi pemenang dalam kompetisi fotografi mikro ini.

Perpaduan warna merah dari dinding sel dan warna butiran hijau-kuning adalah akibat terkena laser, sehingga molekul dari substansi ini berpendar. Hal ini serupa dengan yang terjadi pada benda-benda yang bercahaya pada malam hari.

========================================================

Fourth Place: Deprived Amoebas

Peneliti terapi sel, Matthew Springer, mengambil gambar ini (amuba yang sedang tumbuh) sebagai bagian dari penelitian pra-doktor nya di Universitas Stanford.

Springer ingin meneliti mengenai kegunaan myosin (sebuah jenis protein) dalam perkembangan amuba ini (Dyctyostelium discoideum). Dia menemukan fakta bahwa myosin hanya diperlukan ketika amuba masih mulai berkembang dan pada saat perkembangan akhir saja.

========================================================

Fifth Place: Paper Chase

Meskipun foto ini terlihat seperti tumpukan potongan rumput yang dilihat dari dekat, namun gambar ini adalah foto mikroskopis dari kertas Jepang yang menunjukkan bahwa suatu benda yang paling mulus sekalipun akan terlihat semrawut apabila diperhatikan seksama, apalagi bila diperbesar beberapa ratus kali.

Charles Kazilek, mempelajari seni dan ilmu membuat kertas di Universitas Arizona ketika dia mengambil gambar ini. Laser dri mikroskop membuat serat kertas berpendar hijau dan biru serta menampilkan struktur kertas sesungguhnya.

========================================================

Sixth Place: Dancing on the Head of a Pin

Ahli binatang dari Kanada Klaus Bolte, adalah orang yang mengambil foto ini.

Seekor kumbang yang bergantung pada ujung jarum (lingkaran perak adalah ujung jarum yang diperbesar 40 kali). Warna pelangi di punggung kumbang itu adalah warna aslinya.

========================================================

Seventh Place: Interesting Drug

Peneliti Kanker dari Kentucky, Margaret Oechsli mencoba sebuah fotografi mikro. Dia meletakkan bubuk antibiotik mitomycin di bawah lensa, dan foto ini menjadi pemenang dalam kontes ini.

Diperlihatkan menggunakan polarisasi filter, obat itu memantulkan cahaya rumit yang menunjukkan kerumitan strukturnya

========================================================

Eighth Place: Swirling Dervish

Peneliti kimia juga mengambil kesempatan dalam hal ini. John Hart dari Universitas Colorado yang mengkhususkan diri pada dinamika zat cair memenangkan penghargaan.

Dia mencampur belerang, biru organik, dan sebuah antiseptik, menjadi sebuah kristal yang mengandung struktur kompleks dari gelembung dan garis-garis.

========================================================

Ninth Place: Compact Discovery

Dengan cahaya polarisasi dan perbesaran 5 kali, David Walker dari Inggris memberikan aliran warna-warna indah dari bagian pusat sebuah box CD.

Dia menunjukkan bagaimana sebuah barang biasa dalam kehidupan sehari-hari terlihat begitu mempesona dari sudut pandang mikroskopis.

========================================================

Tenth Place: Sand Hopper

Pelompat pasir, sejenis krustacea yang beraktifitas di malam hari di pantai-pantai New Zealand, meraih penghargaan dengan kealamiannya.

Harold Tayler menggunakan pembesaran 10 kali dan menunjukkan kelembutan warna dari sang pelompat

 
41 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 20, 2008 in Hidden Event, nature

 

41 responses to “10 Best Micro-Photography 2008

  1. Ty$@

    Oktober 20, 2008 at 10:20 am

    Kq andyan tau ya??? Wah hebat donk :d
    Sumber dari mana yan?

     
  2. rei males2an

    Oktober 20, 2008 at 10:21 am

    wow !!! kerreeen…

     
  3. andyan

    Oktober 20, 2008 at 10:25 am

    @tysa
    ya, tau aja, hehe
    kn ada koneksi ksna gtu

    @rei
    gmna gmna?
    ni terbaik tahun 2008 loh

     
  4. nao

    Oktober 20, 2008 at 10:29 am

    aye…Tuhan emang bener2 ada, nggak mungkin kan klo semuanya ini cuma kebetulan, dari yang paling kecil kita masih melihat keteraturan, bner2 sakti tanganNya..semua kaum evoluisonis memahaminya..
    n_n

     
  5. nao

    Oktober 20, 2008 at 10:30 am

    andyannnn salah ketik yang : “semua kaum evolusionis” yang bner tu “semoga kaum evolusionis” hahahahaaa😄

     
  6. tren di bandung

    Oktober 20, 2008 at 10:58 am

    seperti inilah yang melengkapi keimanan kita. Sebagian iman kita peroleh dari ibadah langsung kepada Allah dan digenapkan dengan melihat penciptaanNYA yang luar biasa. subhanallah…

     
  7. andyan

    Oktober 20, 2008 at 11:11 am

    @nao
    iye, beneran dahh
    ni karya bukan struktur sederhana
    tapi keliatan teratur banget kan

    @tren_bandung
    iya…
    hiks…
    *mrinding baca comment-nya*

     
  8. Reina Lunarrune

    Oktober 20, 2008 at 11:13 am

    Uwaaaaaaaaaaaaaaaa
    KAKKOI!!!😄

     
  9. andyan

    Oktober 20, 2008 at 11:47 am

    kakoi??
    apaan tuh
    bunyi kodok keinjek y?

     
  10. ochin

    Oktober 20, 2008 at 12:33 pm

    :-O

     
  11. andyan

    Oktober 20, 2008 at 1:05 pm

    apa cin?

     
  12. pinkuinz

    Oktober 20, 2008 at 4:40 pm

    yuppz idup gratisan….

    hidup!!!!!

     
  13. andyan

    Oktober 22, 2008 at 7:37 am

    setujuuu

     
  14. lathifulamri

    Oktober 22, 2008 at 10:34 am

    Alloh menciptakan semua ini untuk kita perhatikan dan diamati, dan tentunya diambil hikmahnya…

    (*ngutip dari sholat jum’at kemarin) hehehehe

     
  15. andyan

    Oktober 22, 2008 at 11:02 am

    allahummagfirlilmuslimiinawalmuslimat…. (ikutan ngutip)

     
  16. Novi~Atrix

    Oktober 22, 2008 at 12:28 pm

    wow.. warnanya keren2 oi… dapet dari mana nih???

     
  17. andyan

    Oktober 22, 2008 at 12:41 pm

    pas ngobrol2 ama oom google, ktmu nih
    ambil aja
    alihbahasakan
    post
    jadi deh

     
  18. lhiyou

    Oktober 22, 2008 at 4:00 pm

    Sand Hopper <– itu udang yach…???

    trus yang biru itu apanya..?? lampunya ato warna auranya..??

     
  19. agunk agriza

    Oktober 22, 2008 at 6:11 pm

    kereeennnn….

     
  20. Reina Lunarrune

    Oktober 22, 2008 at 11:44 pm

    *gdubrakkk*

    Kakkoi itu keren, tante
    *disemprot obat nyamuk*

     
  21. rei males2an

    Oktober 22, 2008 at 11:59 pm

    lha yg taon 2007 mana ?
    sukanya ngganti bahasa aja

     
  22. Rendra

    Oktober 23, 2008 at 12:24 am

    ngecat warnanya gimana tuh ya?? ko rumit gitu..

     
  23. andyan

    Oktober 23, 2008 at 9:12 am

    @lhi
    tu sejenis kutu
    warna birunya pembiasan dari mikroskop

    @griza
    setuju setuju

    @lunar
    tante??
    TANTE!!!!???
    *nyemprot pestisida*

    @rei
    tahon 2007 kn ni blognye masih ngorok

    @rendra
    bukan aye pelakunye bang
    sumpeh deh
    bukan aye
    brani mati

     
  24. rei males2an

    Oktober 23, 2008 at 9:43 am

    aku suka yg pertama ama yg kedua.
    yg kedua kek matahari ><

    *baru pertama kali baca*
    *biasanya diliat gambar mikronya*

    ternyata ntu serat kertas.. ga nyangka euy

     
  25. andyan

    Oktober 23, 2008 at 9:45 am

    sama
    hebat jg yg punya inisiatif foto2

     
  26. Reina Lunarrune

    Oktober 23, 2008 at 3:32 pm

    Iya tante!!
    *tewas gara2 pestisida*

     
  27. andyan

    Oktober 23, 2008 at 4:06 pm

    *hbs tewas dipukulin pke kaleng pestisida*

    sensei, gomenasai,
    saya terpaksa melakukan hal ini pada sodaramu

    *dibakar trus dikubur d bawah pohon mangga*

     
  28. Reina Lunarrune

    Oktober 23, 2008 at 7:02 pm

    he?
    Sodaraku?
    Saha?

    *manjatin pohon mangganya n bawa kabur ambil buahnya*

     
  29. andyan

    Oktober 24, 2008 at 8:42 am

    belum ada buahnya kok

     
  30. Reina Lunarrune

    Oktober 26, 2008 at 12:42 am

    *ngelempar pohonnya*

     
  31. andyan

    Oktober 26, 2008 at 8:45 am

    makasih2
    lagi lagi
    *loh?!?!?!?*

     
  32. Reina lunarrune

    Oktober 28, 2008 at 1:17 am

    . . .

    ternyata ada cukup banyak orang masokis di sekitarku…

    =p

     
  33. andyan

    Oktober 28, 2008 at 9:02 am

    masokis…
    *mikir@*
    apaan tu?
    *bayangin roti kismis*

     
  34. Eru

    Oktober 28, 2008 at 11:01 am

    Keren nih, detailnya ama warnanya bener-bener mantaph

     
  35. andyan

    Oktober 28, 2008 at 1:16 pm

    iya
    nggk prnah kepikiran klo ada yg kyk gni

     
  36. Reina Lunarrune

    Oktober 31, 2008 at 11:21 pm

    *gubrakkkk*

    orang yang suka menerima rasa sakit
    =p
    *klo ga salah*

     
  37. andyan

    November 3, 2008 at 8:21 am

    yeah

     
  38. anu31

    November 3, 2008 at 11:34 am

    hmmm… banyakan ipa yo???????????

    apik2.. hahahaha

    mampir lewat ae wes…

     
  39. coepoetonk

    November 3, 2008 at 12:04 pm

    good poto,..if you is the potograper :-p

     
  40. andyan

    November 3, 2008 at 4:36 pm

    @anu
    nggk sengaja sih
    ehehe

    @mr. p
    sayangnya bukan saya fotografernya😀

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: