RSS

Petualangan Mamot

13 Okt

Mamot berbulu yang hidup di Siberia, ternyata berasal dari Amerika Utara, bukan dari Eurasia. Penelitian DNA dari 160 fosil hewan ketika bermigrasi dari Eurasia dan Alaska menjadi sumber kesimpulan ini.

Makhluk berbulu ini berpindah dari suatu tempat yang sekarang menjadi Afrika menuju Siberia. Mereka punah setelah zaman es terakhir selesai sekitar 10.000 tahun lalu.

Para mamot ini bermigrasi melalui sebuah jalur secara berkelompok, sehingga mudah diketahui kemana tujuan dan berapa besar kelompok mereka.

Para peneliti mengambil contoh dari 138 sisa fosil terbaik, dan meneliti 108 sampel yang paling bagus untuk menganalisa daerah perjalanan mereka.

Setelah analisa radiokarbon, mereka mengetahui makhluk ini bermigrasi untuk pertama kalinya melalui wilayah Bering dan mungkin dilakukan sekitar 700.000 tahun lalu.

Jembatan yang menjadi jalur mereka kemungkinan adalah daratan di sebelah utara Laut Bering yang menghubungkan Alaska dan Siberia pada zaman es.

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 13, 2008 in Animal, History

 

8 responses to “Petualangan Mamot

  1. str★nger。

    Oktober 13, 2008 at 10:54 am

    request tentang mamot yg membeku dalam sekejab pas jaman es

     
  2. andyan

    Oktober 13, 2008 at 12:53 pm

    kayak daging kulkas-an ya?

     
  3. lathifulamri

    Oktober 13, 2008 at 6:12 pm

    request, ada gak ya mamot di jawa,sumatera dan kaliamantan?

    klo ada, aku tak nyari fosilnya.. hehehehe

     
  4. andyan

    Oktober 15, 2008 at 9:04 am

    aduh, nggak ada bos
    pas jaman2 dinosaurus tu
    kepulauan indonesia masih d dalam laut
    klo ada fosil y fosil2 ammonit, trilobit, dsb
    yg binatang laut deh pokoknya

     
  5. str★nger。

    Oktober 15, 2008 at 11:11 am

    di dalam laut ??
    kerreeenn…….
    kok andyan tau ?

     
  6. andyan

    Oktober 15, 2008 at 11:35 am

    ya, kbtulan aja tau
    soalnya prnah nyasar trus baca2 gtu

     
  7. ochin

    Oktober 30, 2008 at 5:04 pm

    jd inget ice age…

     
  8. andyan

    Oktober 30, 2008 at 5:10 pm

    jadi pengen nonton lagi😄

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: