RSS

Iguana Baru dari Fiji

08 Okt

Katakan halo pada Brachylophus bulabula, satu spesies baru iguana yang dinamakan berdasar ucapan salam Fiji, bula.

Reptile bermoncong kuning ini ditemukan di bagian tengah Kepulauan Fiji. Dia juga adalah spesies iguana ketiga yang ditemukan di wilayah Basin Pasfik Tengah.

Berdasarkan data sebelumnya, diketahui bahwa iguana yang hidup di wilayah ini hanya memiliki perbedaan genetika.

Namun hal itu hanya bertahan hingga sekitar dua tahun lalu, Robert Fisher, seorang peneliti hewan dari San Diego, mempelajari keadaan spesimen aslinya. Dia menemukan perbedaan dari B. bulabula dan dua spesies iguana lainnya.

B. bulabula memiliki moncong warna kuning yang terang dan tanda berbentuk seperti U di lehernya. Spesies lain memiliki tanda berbentuk V atau bintik-bintik.

Dan tidak seperti teman-temannya yang hidup di hutan kering, B. bulabula menyukai hidup di hutan basah.

Masih banyak pulau yang belum dilakukan penelitian terhadap iguana. Mungkin akan ada banyak spesies lain yang bermunculan.

Tertarik untuk ikut mencari?

 
11 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2008 in Animal, Hidden Event

 

11 responses to “Iguana Baru dari Fiji

  1. ma2nn_smile

    Oktober 8, 2008 at 6:58 pm

    wah…penggemar hewan nih mas………

     
  2. andyan

    Oktober 9, 2008 at 9:11 am

    penggemar alam sih
    request aja, ntar tk usahain (klo bisa, hehe)

     
  3. Novi~Atrix

    Oktober 9, 2008 at 1:47 pm

    warnanya kerennn😀

     
  4. andyan

    Oktober 9, 2008 at 5:06 pm

    cerah ya, diliat enak

     
  5. saKuZo

    Oktober 10, 2008 at 8:55 am

    Request pohon toge n jamur! *ditimpuk toge*
    Wow.. Hebat y, ad prbdaan genetika @.@

     
  6. andyan

    Oktober 10, 2008 at 9:24 am

    toge n jamur…
    just wait, i’ll try to come up with some crazy idea
    heh heh heh

     
  7. ochin

    Oktober 10, 2008 at 4:49 pm

    menarik, emang sebelumnya blm ditemuin yan??

     
  8. andyan

    Oktober 10, 2008 at 4:51 pm

    iya, belum
    masih berpotensi besar
    galapagos, amazon
    trus wilayah kyk hutan pedalaman kalimantan ama sulawesi juga
    mau jadi peneliti och?

     
  9. ochin

    Oktober 10, 2008 at 4:57 pm

    waaaahhhh, kalo kediri gmn? aku usulin kediri jg jd tempat penelitian donk!! cz disana alamnya enak, cocok untuk kehidupan.

     
  10. andyan

    Oktober 10, 2008 at 5:17 pm

    oh
    bagus juga tuh
    siapa ni yg jaga kediri?
    adit? princess?
    biar jadi peneliti disana

     
  11. suhendraroby

    April 26, 2014 at 10:52 pm

    Reblogged this on robysuhendra.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: