RSS

Sekilas ‘Jamur’

10 Okt

Berkenaan dengan permintaan seorang pembaca, maka penulis membuat artikel ini. Hanya sekilas pengetahuan saja, tidak perlu terlalu serius.

Jamur, apakah itu jamur? Jamur adalah suatu bentuk makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang dengan spora, dan biasa ditemukan di atas permukaan tanah berhumus atau di atas sumber makanannya.

Standar penamaan jamur, adalah jenis jamur putih Agaricus bisporus, karena nama jamur paling sering digunakan pada jenis yang memiliki tudung, baris spora, dan tangkai memanjang, seperti Agaricus.

Kata ‘jamur’ juga digunakan unutk berbagai macam tumbuhan spora lain, baik yang memiliki ‘batang’ (batang jamur bukan batang seperti pada tumbuhan sebenarnya)¬†ataupun tidak. Dan penggunaannya semakin meluas juga pada bentuk-bentuk yang tumbuh seperti gumpalan (Ascomycota) dan mereka yang tumbuh pada batang pohon (Basidiomycota), meski tidak sesuai arti pada awalnya.

Jenis jamur yang sudah dikenal biasanya memiliki nama spesifik seperti bolabulu, jamur tanduk, jamur merang, dsb. Jamur sering disebut Agaric pada ilmu alam, karena ordo yang paling dikenal dalam dunia jamur adalah agaricales.

Dengan sudut pandang lain, bukan hanya memiliki spora, namun yang disebut jamur adalah suatu benda yang terbentuk ketika suatu susunan thallus (yang disebut miselium) saling berkait membentuk bagian yang bisa dimakan. Maka bagian itulah yang biasa disebut orang dengan nama jamur pada percakapan sehari-hari.

About these ads
 
18 Komentar

Posted by pada Oktober 10, 2008 in nature

 

18 responses to “Sekilas ‘Jamur’

  1. saKuZo

    Oktober 10, 2008 at 5:03 pm

    wow!! keren nih. toptop. thx. aku jadi semakin tertarik utk jadi peternak toge dan jamur :mrgreen:

     
  2. ochin

    Oktober 10, 2008 at 5:11 pm

    jamur yg ada di gambar bsa dimakan gak ya??

     
  3. andyan

    Oktober 10, 2008 at 5:21 pm

    @saku
    masak diternak sih *mikir*

    @ochin
    kayaknya nggk bisa deh
    jamur berwarna mencolok gtu kemungkinan besar 99,998 1/2 % beracun

     
  4. Qivi

    Oktober 20, 2008 at 9:39 pm

    Wah… ngomong2 soal jamur…

    Jadi kangen biologi, nih… ^_^

     
  5. andyan

    Oktober 22, 2008 at 8:04 am

    biologi smp apa sma
    klo aku jadi kangen pepes jamur
    ^^

     
  6. cUte_iMez

    Desember 25, 2008 at 8:04 pm

    JAMUR??????

    adha tUgaSS nEc dr skUL bUat mATeri tentang jamur…….Hek..Hek

     
  7. andyan

    Desember 30, 2008 at 8:06 am

    wkkk
    silakan dinikmati…

     
  8. noylin

    Februari 6, 2009 at 1:19 pm

    tolong dong jamur yang lain. saya butuh 20 jenis jamur, pls…………

     
  9. andyan mampir

    Februari 9, 2009 at 10:26 am

    ehem, 20 jenis? cuman namanya aja kan? sbenernya si aku juga nggak tau nama2 jamur, jadi aku bantuin search deh

    1. Agaricus albolutescens (Amber staining agaricus [smells like almond])
    2. Agaricus agustus (The prince)
    3. Agaricus bisporus (Button mushroom, Cultivated mushroom)
    4. Agaricus campestris (Meadow mushroom)
    5. Agaricus silvaticus (Bleeding Agaricus)
    6. Agaricus silvicola (The Woodland Agaricus)
    7. Agaricus xanthodermis (Yellow staining agaricus)
    8. Albatrellus ovinus (Sheep polypore)
    9. Amanita muscaria (Fly agaric / Sacred mushroom)
    10. Amanita pantherina (The panther)
    11. Amanita magniverrucata (The pine cone aminita)
    12. Amanita vaginata (Grisette)
    13. Armillarea mella (Honey mushroom)
    14. Auricularia auricula (Wood ear, Tree ear)
    15. Boletus edulis (King bolete, Cep, Steinpilz, Porcini)
    16. Boletus barrowsii (White king bolete)
    17. Clavaria purpurea (Purple Fairy Club; The Purple Squid Mushroom )
    18. Calvatia booniana (Giant western puffball)
    19. Clavariadelphus truncatus (Truncate Club Coral)
    20. Clitocybe nuda (Blewit)
    21. Cantharellus cibarius (Chantrelle)
    22. Chlorophyllum molybdites (Green spored parasol)
    23. Conocybe lactea (White dunce cap, White cone head)
    24. Coprinus comatus (Shaggy mane)
    25. Coprinus atramentarius, or Coprinopsis atramentaria (Alcohol mushroom, Tippler’s bane, Inky cap, Alcohol inky cap)
    26. Coprinus micaceus, or Coprinellus micaceus (Mica cap, Glistening inky cap)
    27. Crucibulum laeve (Common bird’s nest fungi)
    28. Dentinum repandum (Hedgehog mushroom, Pigs trotter)
    29. Flammulina velutipes (Velvet foot / Winter mushroom)
    30. Fuligo septica (Scrambled egg slime, Dog vomit slime, Troll butter, Flowers of tan, Flowers of sulphur)
    31. Gomphidius glutanosis
    32. Gyromitra esculenta (Conifer false morel, False morel, Brain mushroom)
    33. Gyromitra gigas (Snowbank false morel, Snow mushroom, Bullnose, Walnut)
    34. Hericium species (All are edible!)
    35. Hygrophorus acutoconicus (A Cute Conic Waxy Cap)
    36. Hydnellum suaveolens (Fragrant hydnellum)
    37. Hydnum imbricatum (Hawk’s wing, or Shingled hedgehog)
    38. Hypomyces lactifluorum (Lobster Mushroom)
    39. Inocybe sororia (Corn silk inocybe)
    40. Laccaria laccata (Lackluster laccaria)
    41. Lactarius deliciosus (Delicious milky cap)
    42. Lactarius olympianus (The deliciosus look alike)
    43. Lactarius rubrilacteus, or Lactarius sanguifluus (The bleeding milk cap)
    44. Lactarius torminosus (Bearded milk cap)
    45. Lactarius uvidus (purple staining lactarius – [oozes copious amounts of latex])
    46. Leccinum species (All are edible, disagrees with some people)
    47. Lentinus ponderosa
    48. Lepiota clypeolaria (The Shaggy Stalked Parasol)
    49. Lepiota lutea (Yellow parasol, Flower pot parasol)
    50. Lepiota rachodes (Shaggy parasol)
    51. Lycoperdon perlatum (Gem studded puffball; Grows on soil)
    52. Lycoperdon pyriforme (Pear shaped puffball; Grows on wood)
    53. Marasmius oreades (Fairy ring mushroom, Scotch bonnet, Tough shanks)
    54. Morchella elata (Black morel)
    55. Morchella esculenta (Yellow morel)
    56. Mycena murina (Yet another mycena)
    57. Panaeolus campanulatus
    58. Panaeolus solidipes (Solid stemmed panaeolus)
    59. Phallus impudicus (Stinkhorn)
    60. Pholiota squarrosa (Scaly pholiota)
    61. Pleurotus ostreatus (Oyster mushroom)
    62. Pleurotus populinus (Oyster mushroom that grows on Aspen)
    63. Ramaria largentii (Orange coral mushroom)
    64. Russula emetica (Emetic russula, The sickener)
    65. Suillus brevipes (Short stemmed slippery jack)
    66. Suillus granulatus (Granulated Slippery jack)
    67. Suillus lakei (Western painted suillus)
    68. Suillus luteus (Slippery jack)
    69. Suillus tormentosus (Blue staining slippery jack)
    70. Trametes versicolor (Turkey tail, many colored polypore)
    71. Tricholoma flavovirens (Man on horseback)
    72. Tricholoma magnivelare, or Armillaria ponderosa (White matsutake, Pine mushroom, Matsutake)
    73. Tricholoma Populinum (Sand mushroom)
    74. Tricholoma saponaceum
    75. Tricholoma zelleri, or Armillaria zelleri (The matsutake look alike)

    itu daftar nama aku dpt dari internet, site nya ini
    http://www.capsandstems.com/specieslist.htm

    ini klo mau liat gambar
    http://www.mushroomobserver.org/?_js=on&_new=true

    ciao ^_^

     
  10. PARISSA

    November 9, 2009 at 10:59 am

    tolong dong… apa nama latin jamur tanduk yang ada di jawa barat,
    fotosintesisnya bagaimana?

     
  11. andyan

    November 11, 2009 at 9:37 am

    hmmm… mungkin Pleurotus eryngii, itu nama latinnya, dan klo nggak salah, spesies yang tekenal tu jamur tanduk perancis. btw, jamur ini hidupnya lebih umum ditemui di wilayah mediteranian, timur tengah, sama afrika utara.

    klo masalah fotosintesis, semua jamur nggak ngelakuin fotosintesis. mereka hidup dengan menguraikan bahan-bahan organik yang membusuk di tanah, seperti rontokan daun patahan2 cabang yang udah mulai busuk

    semoga saya nggak salah :)

    btw, emailmu nggak bisa dikirimin tuh, error :(

     
  12. luthfan

    November 22, 2009 at 11:55 am

    hey.aku bingung nich^_^

     
  13. andyan

    November 25, 2009 at 9:53 am

    nggak usah bingung2 :D

     
  14. DHITO KURNIA Z

    Desember 15, 2009 at 7:38 am

    karena jamur itu sabagai obat

     
  15. endah wahyu

    Maret 30, 2010 at 10:28 pm

    tks ya….
    lumayan ni jd bisa bantu putraku melengkapi pe er nya.

     
  16. andyan

    April 5, 2010 at 10:00 am

    ah, sama2 :D

     
  17. vaya

    November 25, 2010 at 12:36 pm

    thx a lot!!! dr commentnya *yangadanamalatin* jadi bisa menuhin tugas biologi :)

     
  18. andyan

    Februari 1, 2011 at 2:06 pm

    haha, sama2

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: